Mengenal Pipa PPR, Jenis, Harga dan Keunggulan

Pipa PPR bisa jadi pilihan tepat untuk instalasi saluran air di rumah maupun gedung perkantoran. Pasalnya pipa ini punya banyak keunggulan. Simak selengkapnya.

Pipa PPR merupakan jenis pipa yang awet, ramah lingkungan dan kuat. Pasalnya jenis pipa PPR ini bisa menahan saluran air yang punya suhu tinggi dan jenis cairan kimia agresif. Sehingga, bagi yang ingin punya saluran air yang tahan lama, bisa mengandalkan pipa PPR.

Untuk lebih jelasnya mengenai pipa PPR, simak ulasan lengkap berikut ini.

Apa itu Pipa PPR

Pipa PPR adalah jenis pipa yang biasanya digunakan sebagai pipa saluran Air Conditioner (AC), irigasi pertanian dan kebutuhan lain yang sifatnya suhu ekstrim seperti saluran air panas dan dingin yang ada di gedung dan perumahan.

Jenis pipa PPR terbuat dari bahan termoplastik Polypropylene Random, yaitu jenis bahan plastik dari daur ulang. Meski begitu, ketahanan pakainya bisa mencapai 50 tahun. Jadi sangat cocok untuk digunakan sebagai pipa di perumahan, gedung perkantoran dan kebutuhan yang butuh jangka waktu lama lainnya.

Jenis Pipa PPR

Jenis pipa PPR seperti halnya pipa HDPE yaitu PN 10, PN 16 dan PN 20.

Ketiga jenis pipa tersebut punya keunggulan dan fungsinya masing-masing. Jadi sebaiknya pahami karakteristik pipa sebelum menggunakannya.

  1. Pipa PN 10, jenis pipa ini biasa digunakan untuk saluran air suhu normal dan tanpa tekanan.
  2. Pipa PPR PN 16 biasa digunakan untuk air bersih suhu normal dan bertekanan.
  3. Pipa PPR PN 20 biasa digunakan untuk air panas bertekanan.

Harga Pipa PPR

Harga pipa PPR disesuaikan dengan ukuran dan jenisnya. Misalnya untuk Jenis PPR 1.2 inch 4 meter atau Pipa PN 20 20mm biasa dijual dengan harga Rp 41 ribuan.

Keunggulan Pipa PPR

Tahan terhadap suhu ekstrim dan bertekanan

Pipa PPR lazim digunakan untuk saluran air panas dan dingin ekstrim. Hal ini dikarenakan ketebalan pipa dan karakteristiknya yang kuat memungkinkan untuk dilewati air yang bertekanan.

Bobot ringan dibandingkan pipa besi

Bobot pipa PPR sendiri sangat ringan dibandingkan pipa besi. Meski begitu manfaat dan fungsinya bisa bersaing.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai apa itu Pipa PPR, Jenis, Harga dan Keunggulan semoga dapat menambah wawasan pembaca sekalian.

This entry was posted in Umum and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.