Mengenal Pipa HDPE, Jenis, Keunggulan dan Harga

Pipa HDPE adalah jenis pipa yang punya kelebihan dari sisi ketahanan dan kelenturannya, sehingga tidak mudah rusak atau berkarat.

Mungkin Anda sering mendengar dan melihat langsung jenis pipa pvc dengan ciri khas warna putih yang digunakan untuk saluran air atau pembuangan di rumah-rumah. Tapi bagaimana dengan pipa HDPE? Padahal pipa HDPE juga lazim digunakan untuk saluran air. Lalu apakah ada perbedaan keduanya? mana yang lebih unggul?

Apa itu Pipa HDPE?

Pipa HDPE atau pipa yang juga dikenal sebagai pipa PE adalah pipa yang terbuat dari bahan plastik yang fleksibel dan tahan benturan. Jenis pipa HDPE ini biasanya tersedia dengan ciri khas warna hitam dan ketebalannya cukup tebal, seringkali juga terdapat garis biru yang menjulur sepanjang badan pipa.

Keunggulan Pipa HDPE

Food Grade

Pipa HDPE punya keunggulan di bidang kualitas dan ketahanannya. Pipa ini terbuat dari termoplastik khusus, sehingga menghasilkan pipa yang berstandar food grade alias aman untuk saluran air konsumsi. Jenis pipa ini tidak mudah luntur atau mencemari air yang melaluinya. Jadi tidak menimbulkan efek buruk meski digunakan dalam jangka panjang.

Sangat Kuat

Selain itu pipa HDPE juga dikenal dengan kekuatan dan kelenturan yang tinggi. Jadi tidak mudah pecah, bocor atau rusak. Berbeda dengan jenis pipa lain yang sangat mudah pecah jika terkena benturan.

Hal ini dikarenakan ketebalan pipa HDPE dan kelenturannya, sehingga aman meski terkena benturan dengan kekuatan tertentu.

Sambungan Khusus

Meski terdapat alat sambungan seperti jenis pipa pvc, seperti dalam bentuk drat, namun terdapat mesin penyambung pipa HDPE khusus. Sistem ini punya kelebihan, dimana sambungan layaknya sebuah pipa utuh, jadi tidak akan mudah bocor atau rusak.

Jenis Pipa HDPE

Pipa HDPE punya banyak jenis dan dibedakan sesuai pemakaian, kemasan dan kebutuhan tekanan. Anda bisa memilih jenis pipa HDPE yang pas sesuai dengan kebutuhan.

Harga Pipa HDPE

Harga pipa HDPE di pasaran biasa dijual dengan harga sekitar Rp 975 ribuan per meter, untuk ukuran 3-24 inci atau jenis pipa PE-100 PN 10.

Itulah tadi Tips Sedikit artikel Mengenai Pipa HDPE, Jenis, Keunggulan dan Harga semoga dapat menambah wawasan pembaca sekalian.

This entry was posted in Umum and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.