Kenali Pengertian dan Fungsi Microsoft Word Bagi Pengguna Berikut Ini!

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pastinya pernah atau bahkan sering menggunakan program aplikasi Microsoft Office bernama Microsoft Word, bukan? Akan tetapi, tentu belum tahu mengenai pengertian dan fungsinya lebih detail, bukan? Untuk itu, disini kamu bisa simak pengertian dan fungsi program aplikasi pengolah dokumen lebih detail di artikel berikut.

Sekilas Pengertian Microsoft Word

Microsoftword atau Microsoft Office Word merupakan sebuah program yang mana merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office. Program aplikasi ini berfungsi sebagai perangkat lunak pengolah kata seperti membuat, mengedit sampai dengan memformat dokumen. Bisa dikatakan bahwa program Office Word ini menjadi salah satu perangkat lunak terpopuler di dunia.

Bahkan di program aplikasi perangkat lunak Office Word ini juga tersedia di berbagai jenis operasi. Sedikit informasi, bahwa aplikasi ini sudah didistribusikan di sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS, iOS dan juga Android. Sehingga hal inilah yang menyebabkan popularitas program aplikasi Office Word dapat bertahan hingga sekarang meskipun terdapat aplikasi pengolah kata yang terus bermunculan. 

Adapun sebagai informasi tambahan untuk kamu, bahwa program aplikasi Office Word sebagai aplikasi pengolah kata terpopuler ini menyediakan beberapa fitur andalan bagi para pengguna. Beberapa fitur umum yang disediakan antara lain sebagai berikut :

  1. Fitur WYSIWYG : fitur What You See Is What You Get memungkinkan penggunaan bahwa apa yang dilihat di layar monitor adalah apa yang akan ditampilkan pada kertas saat dokumen dicetak.
  2. Fitur Spell Check : fitur pengecekan eja pengetikan dokumen untuk menghindari adanya typo.
  3. Fitur Tingkat Teks : fitur berupa jenis huruf, ukuran, format huruf dan lain sebagainya.
  4. Fitur Tingkat Halaman : fitur berupa penomoran, indent, paragraf dan lain-lain.
  5. Fitur Dukungan Aplikasi Lain (Add-ins) : fitur aplikasi lain yang mendukung kinerja Microsoft Office seperti PDF reader dan Grammarly.

Apa Saja Fungsi Program Aplikasi Word Bagi Pengguna?

Mungkin kamu sudah sangat familiar jika ditanya mengenai fungsi dari program aplikasi Microsoftword.id yang satu ini. Ya, umumnya penggunaan program aplikasi pengolah kata ini menawarkan sejumlah fungsi / kegunaan bagi para penggunanya di antaranya yakni sebagai berikut.

1.    Memudahkan dalam Membuat dan Mengedit Dokumen

Fungsi program aplikasi Office Word yakni dapat membantu dalam proses pembuatan dan pengeditan dokumen. Dalam hal ini, pengguna bisa dengan mudah untuk mengetik kata, mengetik kata menjadi kalimat maupun paragraf. Bahkan jika ada kesalahan, kamu bisa menekan tombol keyboard Backspace untuk menghapus kata yang salah serta melakukan pengeditan tertentu.

2.    Memformat Teks dan Menyimpan Dokumen

Umumnya, ada banyak sekali fungsi yang tersedia pada program aplikasi pengolah kata Word. Dimana, fungsinya disini yakni dapat memformat teks dalam dokumen seperti bold, italic ataupun underline dan bahkan membuat format untuk membuat header, footer dan penomoran. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan dokumen ke hard drive di perangkat komputer untuk lebih memudahkan mengakses di masa depan.

3.    Dapat Mencetak Dokumen

Adapun fungsi lain yang juga bisa kamu temukan pada program aplikasi Word ini yakni dapat memudahkan dalam mencetak dokumen. Dalam hal ini, kamu hanya perlu mempersiapkan perangkat printer yang akan digunakan untuk mencetak atau memilih jumlah dokumen yang nantinya akan dicetak. Sehingga dari file dokumen yang berbentuk softcopy, maka setelah dicetak akan berbentuk hardcopy.

Bagaimana, setelah melihat informasi di atas tentunya kamu akan jauh lebih paham mengenai program aplikasi pengolah kata Microsoft Word, baik itu dari pengertian dan juga fungsinya, bukan?

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.