Website Gratis Vs Website Berbayar

Berdasarkan dari biaya pembuatan, terdapat dua jenis website yang dapat dikategorikan. Website yang pertama yaitu website gratis dan yang kedua adalah website berbayar. Di antara keduanya memang sama-sama populer digunakan dalam menunjang aktivitas pemasaran.

Akan tetapi terdapat beberapa perbedaan secara signifikan yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakan platform website mana yang digunakan.

Apa Itu Website Gratis Dan Website Berbayar?

Bagi yang belum mengetahui apa itu website gratis? Merupakan sebuah pilihan terbaik bagi para blogger atau pebisnis online yang baru saja belajar terjun ke dunia digital. Contohnya saja website gratis yang dapat ditemukan di blog maupun website yang menggunakan subdomain.

Baik itu untuk blogspot.com maupun wordpress.com. Berbeda dengan website berbayar yang sudah menggunakan ekstensi domain top level, misalnya seperti.com/.org/ .net/.id. Apabila berkeinginan untuk menggunakannya seluruh jenis domain ini dapat diperoleh dengan harga mulai 100 ribuan.

Website berbayar pada biasanya dibangun berdasarkan dari CMS atau Konten Manajemen Sistem yang berbasis wordpress.org di hosting secara mandiri. Tidak hanya itu saja, pemilik dari website juga menggunakan ekstensi domain populer yang pendek supaya mudah dihafal.

Perbedaan Antara Website Gratis Dengan Website Berbayar

Diantara keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Untuk itu sebelum memutuskan menggunakan website gratis atau website berbayar, ada baiknya kika Kamu mengetahui letak perbedaannya diantara keduanya. Untuk informasi lebih lanjutnya, silakan simak penjelasan berikut:

1.      Adanya Dukungan Teknis

Perbedaan yang pertama yaitu dari segi dukungan teknis yang mana pada biasanya website gratis tidak akan memperoleh dukungan teknis yang berasal dari platform tempat dimana pembuatan website.

Sehingga apabila mengalami permasalahan seperti server down, error di bagian tampilan, bahkan sampai situs tidak dapat diakses. Otomatis Kamu tidak dapat meminta bantuan maupun mengirimkan komplain.

Sementara untuk Website berbayar jika website mengalami down maupun tidak dapat diakses, kendala tersebut dapat disampaikan dengan cara melalui support layanan web hosting yang sudah Kamu gunakan.

2.      Kualitas Server

Perbedaan kedua terletak dari segi kualitas server website. Pengguna website gratisan tidak mempunyai banyak pilihan dalam menentukan kualitas server website yang saat ini sedang digunakan.

Secara umum pihak penyedia platform website gratisan akan menyediakan server yang ada di luar negeri secara bersamaan. Untuk platform website gratis berupa wordpress.com atau blogspot.com. Kedua layanan tersebut memberikan akses server routing yang ada di luar negeri.

Sehingga apabila digunakan pada situs dengan mayoritas pengunjungnya dari negara Indonesia dirasa tidak cocok. Apabila menggunakan website berbayar, maka Kamu dapat memperoleh spesifikasi server, lokasi dan kualitas sesuai keinginan.

Ada juga keragaman pilihan yang dapat ditentukan mulai dari paket dedicated server sebagai akomodir kebutuhan website menggunakan traffic besar. Bahkan sampai paket shared dengan harga yang ramah di kantong.

3.      Keamanan Data

Sebagai pengguna, pastinya perlu memperhatikan dari segi keamanan data yang digunakan. Hal ini dikarenakan data atau file website yang dimiliki sewaktu-waktu dapat dihapus tanpa memberikan informasi sebelumnya.

Sangat disarankan untuk para pebisnis atau blogger profesional supaya segera pindah ke platform berbayar. Untuk biaya yang diminta tidak terlalu mahal. Terlebih lagi saat ini ada beberapa promo yang bisa dinikmati. Silahkan mencari promo yang menarik supaya dapat memperoleh harga murah.

4.      Kelengkapan Fitur

Perbedaan yang paling mencolok antara website gratis dengan website berbayar yaitu di bagian fitur yang digunakan. Pada saat Kamu menggunakan website gratis dengan wordpress.com, maka Kamu tidak dapat menggunakan fitur plugin.

Selain itu pengguna blogspot maupun blogger.com subsistem penamaan permailingnya juga harus menggunakan bulan beserta tanggal yang ada di belakang ekstensi domain. Dari keterbatasan itulah yang dapat diatasi dengan mudah jika Kamu menggunakan website berbayar.

5.      Opsi Monetasi Iklan

Memang bukan menjadi rahasia lagi bahwa Ads atau iklan dapat dijadikan sebagai sumber utama pemasukan dari blogger. Kamu memang akan sedikit mengalami kesulitan apabila menggunakan platform wordpress.com.

Hal ini dikarenakan pihak dari pengembang tidak memberikan izin blogger untuk melakukan pemasangan iklan Google Adsense, PPC atau mgid yang lainnya. Sehingga membutuhkan implementasi kode JavaScript.

Tidak perlu khawatir, untuk kelemahan yang satu ini dapat diakali jika Kamu membuat blog gratis dengan blogspot yang dipasang iklan Google Adsense. Akan tetapi untuk besaran komisi yang diperoleh bisa diperoleh potongan lebih besar jika dibandingkan dengan pendapatan iklan.

Cara Membuat Website Bagi Pemula

Bagi pemula, penting sekali bagi Kamu agar mengetahui bagaimana langkah-langkah yang perlu diperhatikan ketika Kamu ingin membuat sebuah website. Terutama bagi yang belum pernah membuat sebelumnya.

Website Gratis Vs Website Berbayar

Kamu tidak hanya menentukan domain yang sesuai saja, akan tetapi juga penting agar menentukan konten yang nantinya akan dipublikasikan. Inilah tips membuat blog yang bisa dipertimbangkan:

1.      Pemilihan Konten

Untuk pemilihan konten ini sangatlah penting, karena konten tersebut akan ditampilkan di sebuah website. Baik itu konten berisi informasi pribadi, kumpulan karya, artikel, tutorial atau yang lainnya. Untuk penonton itu sendiri bisa berdampak terhadap struktur sebuah website.

Sementara konten di sebuah website harus berkualitas, karena sangat berpengaruh terhadap impresi dari setiap pengunjung website. Apabila konten yang ada di sebuah website bagus, otomatis bisa memberikan manfaat untuk pengunjung.

2.      Mendaftarkan Domain

Cara yang kedua bisa langsung mendaftarkan domain website. Struktur dari sebuah domain ada dua yaitu ekstensi dan nama domain. Secara umum, ekstensi digunakan di sebuah website yaitu .net.com, xyz maupun yang lainnya.

Syarat untuk membuat nama domain yaitu belum pernah digunakan oleh pihak lain. Untuk dapat mengetahui apakah nama tersebut sudah digunakan pihak lain atau tidaknya yaitu dengan mengetahuinya melalui register domain.

3.      Penentuan Web Hosting

Hosting merupakan wadah untuk website yang tidak kalah pentingnya. Cara paling mudah untuk menentukan web hosting yaitu harus disesuaikan dengan kebutuhan di sebuah website. Jika kebutuhan website semakin besar, otomatis spesifikasi web hosting juga harus lebih tinggi.

Cari hosting murah? Untuk menentukan pilihan sebuah website jangan tergiur dengan penawaran harga yang terlalu murah/tidak masuk akal. Mengingat bahwa terdapat tiga aspek yang harus diperhatikan ketika menentukan pilihan hosting pada penyedia layanan hosting.

Misalnya saja seperti uptime yang baik, layanan support 24 jam nonstop dan keamanan. Dengan web hosting yang sudah ditentukan tersebut membuat Kamu harus lebih paham ketika ingin membuat website bagi pemula.

4.      Penentuan CMS website

Untuk proses pembuatan website di zaman sekarang ini tidak hanya menggunakan konten manajemen sistem saja. Terlebih lagi untuk sekarang ini memang sudah ada banyak CMS yang bisa dimanfaatkan seperti Joomla, WordPress, preshop, drupal maupun yang lainnya.

Ada banyak sekali keuntungan apabila menggunakan CMS WordPress. Sehingga CMS WordPress inilah yang paling direkomendasikan. Misalnya seperti adanya layanan yang diberikan secara gratis, namun sifatnya open source.

Bahkan dari segi kualitasnya CMS website juga tidak beda jauh dibandingkan dengan yang lainnya. Alasan inilah yang membuat Kamu perlu mencoba menggunakan CMS untuk proses pembuatan website Kamu pertama kalinya.

This entry was posted in Teknologi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.