Tips Menyambung Pipa Pvc Yang Aman dan Anti Bocor

Untuk menyambung pipa pvc, dibutuhkan lem khusus dan proses pengaplikasian yang mudah. Lem khusus pipa pvc sudah didesain untuk membuat lem cepat kering dan kuat untuk jangka waktu yang lama. Meski begitu, masih banyak yang keliru saat menyambung pipa pvc, alhasil bisa terjadi kebocoran saat sudah disalurkan air.

Pipa pvc memang banyak dipilih sebagai pipa yang biasa digunakan pada instalasi saluran air untuk bangunan rumah. Pasalnya pipa pvc punya bahan awet dan aman untuk pemakaian jangka panjang. Apalagi banyak tersedia pipa pvc murah yang mudah kita temukan di toko bangunan terdekat.

Meski begitu, sama seperti pipa besi dan jenis pipa lainnya yang suatu saat bisa saja mengalami kerusakan atau perbaikan. Jika suatu saat pipa pvc di rumah Anda rusak, tidak perlu khawatir. Anda bisa mengikut tips menyambung pipa pvc berikut ini.

Bahan Menyambung Pipa PVC

Persiapkan bahan-bahan sebelum memulai penyambungan, supaya proses penyambungan bisa dilakukan dengan mudah dan aman.

Bahan yang harus dipersiapkan diantaranya, Pipa pvc, amplas, lem khusus pipa pvc, sambungan pipa, kain atau lap bersih dan heat gun (opsional). Heat Gun bisa digunakan saat Anda ingin membuat pipa lebih longgar. Biasanya untuk menyambung antara pipa, tanpa sambungan pipa khusus.

Proses Menyambung Pipa PVC

Setelah menyiapkan bahan di atas, Anda sudah bisa langsung memulai proses penyambungan pipa pvc. Hampir semua jenis ukuran pipa pvc bisa disambung, dengan teknik yang kami bagikan kali ini.

Tahap penyambungannya seperti berikut :

  1. Pilih sambungan pipa yang sesuai ukuran, misalnya 1, 1 ½ , 2 dst.
  2. Amplas sedikit pada ujung pipa yang akan disambung, sampai menunjukkan guratan kasa yang berfungsi untuk mengikat lem
  3. Setelah di amplas, silahkan lap supaya tidak meninggalkan kotoran (sisa amplas)
  4. Lem pada bagian yang sudah di amplas dan pada bagian sambungan secara merata. Bisa dibantu menggunakan kapi atau tangan.
  5. Setelah rata, Anda bisa langsung merekatkan pipa dengan sambungan.
  6. Jika terdapat lelehan lem yang keluar, jangan dibuang. Melainkan bisa Anda oleskan pada sekeliling permukaan sambungan, untuk mencegah kebocoran.

Itulah tadi Tips Menyambung Pipa Pvc Yang Aman dan Anti Bocor semoga dapat menambah wawasan pembaca sekalian.

This entry was posted in Umum and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.